Selasa, 23 November 2010

Register

Di dalam prosesor terdapat sekumpulan register yang berfungsi sebagai memori yang sangat cepat dan kecil kapasitasnya. Register-register dikategorikan menjadi dua, yaitu:

  1. Register yang terlihat pemakai, terdiri dari dua jenis yaitu: Register data dan register alamat.
  2. Register untuk kendali dan status terdiri dari, Register untuk alamat dan buffer, register untuk eksekusi instruksi, dan register untuk informasi status.

4.1 Register Data

Register dapat diberi nilai untuk beragam keperluan pemakai. Register data terdiri dari dua macam, yaitu: General purpose register dan Special purpose register.

4.2 Register Alamat

Register ini berisi alamat data atau instruksi di memori utama atau berisi bagian alamat yang digunakan dalam penghitungan alamat lengkap. Contoh register ini antara lain: Register indeks, Register penunjuk segmen, Register penunjuk stack, dan Register penanda.

4.3 Register untuk Alamat dan Buffer

Register untuk Alamat dan Buffer terdiri dari:

- MAR (Memory Address Register), digunakan untuk mencatat alamat memori yang akan diakses (read/write).

- MBR (Memory Buffer Register), digunakan untuk menapung data yang akan dituliskan ke memori yang alamatnya ditunjuk oleh MAR.

- I/O AR (I/O Address Register), digunakan untuk menampung data yang akan dituliskan ke port yang alamatnya ditunjuk oleh I/O AR.

4.4 Register untuk Eksekusi Instruksi

Register untuk Eksekusi Instruksi terdiri dari:

- PC (Program Counter), mencatat alamat memori dimana instruksi yang terdapat di dalamnya akan dieksekusi.

- IR (instruction Register), menampung instruksi yang akan dilaksanakan.

4.5 Register untuk Informasi Status

Register ini dapat berupa satu register atau kumpulan register. Register atau kumpulan register ini disebut PSW (Program Status Word). PSW biasanya berisi kode-kode kondisi pemroses ditambah informasi-informasi status lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar