Selasa, 23 November 2010

Elemen Dasar Komputer

Pada level atas, sebuah komputer terdiri dari empat komponen. Komponen-komponen ini saling berinteraksi untuk menghasilkan fungsi dari tujuan sistem komputer yaitu eksekusi program atau komputasi. Keempat komponen atau elemen struktur utama yaitu :

1. Prosesor

Prosesor berfungsi mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data. Prosesor terdiri dari:

a. Aritmetic Logic Unit (ALU), bagian untuk komputasi yang berhubungan dengan aritmatika dan logika

b. Control Unit (CU), sebagai pengendali utama operasi yang dilaksanakan

c. Register, berfungsi sebagai memori yang sangat cepat yang biasanya digunakan sebagai tempat operan-operan suatu operasi yang akan dilaksanakan. Register membantu pelaksanan operasi yang dilakukan oleh prosesor

2. Memori Utama

Memori berfungsi menyimpan data dan program. Memori utama biasanya volatile, yaitu tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan begitu sumber daya energi listrik dihentikan.

3. Modul I/O

Modul I/O atau perangkat masukan/keluaran berfungsi memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternalnya. Lingkungan eksternal dapat diantarmuka/interface oleh beragam peralatan eksternal seperti: media penyimpan sekunder, peralatan komunikasi dan sebagainya.

4. Interkoneksi Sistem antar Komponen

Interkoneksi dalam hal ini adalah struktur dan mekanisme yang diperlukan untuk menghubungkan antara ketiga komponen, yaitu: proses, memori utama dan peralatan input-output.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar